Apa Itu Impedance Analyzer?

 

Impedance analyzer adalah jenis alat ukur/instrument yang digunakan untuk mengukur impedansi kompleks (respons impedansi yang terus meningkat dan menurun dalam batas yang telah ditentukan sebelumnya), dengan menggunakan pengujian beberapa test frekuensi. Perangkat yang dapat mengukur bagaimana zat atau permukaan elektroda tertentu merespons potensi yang terus meningkat dan menurun dalam batas yang telah ditentukan sebelumnya (gelombang potensial).

Impedansi merupakan parameter yang sangat penting untuk mengetahui karakteristik komponen elektronik, sirkuit elektronik, dan bahan baku yang digunakan untuk membuat komponen elektronik. Alat impedance analyzerS dapat mengukur dan menganalisa dari frekuensi sangat rendah ke frekuensi sangat tinggi dengan hasil mengukur nilai impedansi dari µΩ sampai ke TΩ. Pengukuran yang sangat sensitif dimana besarnya arus dan tegangan yang diberikan ke DUT (produk yang di uji) dengan variasi frekuensi yang diberikan.

Ada 4 Spesifikasi utama dari pengukuran menggunakan impedance analyzer yang harus diperhatikan, yaitu: range frekuensi, range impedansi, akurasi impedansi absolut, dan akurasi phase angle. Spesifikasi lebih lanjut juga mencakup kemampuan untuk menerapkan bias tegangan dan bias arus saat mengukur serta kecepatan pengukuranan.

Jual Impedance Analyzers

Alat ukur Impedance analyzers biasanya menawarkan pengukuran impedansi yang sangat akurat bisa sampai akurasi 0,05%, dan range pengukuran frekuensi dari µHz hingga GHz. Sedangkan nilai impedansi dapat berkisar dari µΩ hingga TΩ, sedangkan akurasi sudut fasa berada dalam kisaran 10 milidegree.

Nilai impedansi terukur meliputi impedansi absolut, yang merupakan bagian nyata dari impedansi yang diukur, serta fasa antara tegangan dan arus. Parameter impedansi yang diturunkan dari model seperti konduktansi, induktansi dan kapasitansi dihitung berdasarkan model rangkaian pengganti dan kemudian ditampilkan.

Kemudian apa bedanya pengukuran impedansi dengan LCR meter? LCR Meter juga menyediakan fungsionalitas pengukuran impedansi, biasanya dengan akurasi yang sama tetapi rentang frekuensi yang lebih rendah. Frekuensi pengukuran LCR meter umumnya tetap atau terbatas range frekuensinya serta nilai yang diukur tidak dapat ditampilkan secara grafis. Impedance analyzers mempunyai akurasi dan kecepatan pengukuran yang sangat tinggi sehingga seringkali digunakan di bagian penelitian (R&D), QA/QC dan incoming material.

 

Aplikasi Impedance analyzers

 

Impedance analyzers terutama digunakan untuk Spektroskopi Impedansi Elektrokimia (EIS) untuk menyelidiki hambatan listrik (diukur dalam Ohm) zat dan objek. Berikut beberapa contoh aplikasi Impedance analyzer:

  1. Seberapa tangguh lapisan cat? Dengan kata lain, bagaimana lapisan berperilaku dari waktu ke waktu? Tanpa Impedance analyzers, pabrikan cat hanya dapat mereproduksi ketahanan lapisannya dalam praktik dengan uji eksposur yang tahan lama. Namun dengan Impedance analyzers, mudah untuk memprediksi perilaku selama sepuluh tahun ke depan dengan tes singkat.
  2. Seberapa tangguh dinding beton, apakah baja di dinding tidak terlalu cepat terkorosi? Dengan penganalisis impedansi, Anda dapat memprediksi pada jenis beton mana baja terkorosi lebih cepat.

 


 

Manfaat penggunaan Impedance Analyzers

  1. Pengguna dapat melakukan pengujian tanpa harus menghancurkan/merusak objek. Hal ini memungkinkan produsen untuk menguji salah satu produknya sebelum benar-benar meninggalkan pabrik tanpa benar-benar menggunakan atau merusaknya.
  2. Prediksi dari pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Impedance analyzers juga tidak memakan banyak waktu sama sekali, sedangkan pengujian sifat korosif dengan uji semprotan garam membutuhkan waktu yang sangat lama.

 


 

Software Impedance analyzers

 

Impedance analyzers tidak akan bekerja secara maksimal jika tidak menggunakan software. Software ini untuk membantu menganalisa bentuk gelombang dari hasil impedansi yang di ukur. Sehingga memudahkan untuk membuat kesimpulan dari data analisa tersebut.

Demikian sedikit informasi tentang Apa Itu Impedance analyzers. Produk Impedance analyzer Hioki sudah dikenal memiliki fitur akurasi yang tinggi di berbagai rentang frekuensi testing serta kecepatan dan ketepatan pengukuran. Frekuensi tertinggi sampai 3GHz, fitur frequency sweeps, level sweeps and time interval measurements sangat powerful untuk membantu analisa anda. Silakan request Hioki E-Presentation untuk diskusi online dan informasi lebih detil tentang Hioki Impedance Analyzers dan aplikasinya.

byjmr

 

Presentasi Online Hioki

 

-->