1 Apr 2021 : Datalogger Temperature Hioki LR8515 untuk Pemantauan Suhu dalam Pengiriman Obat dan Peralatan Medis

Datalogger Temperature LR8515 untuk Pengiriman Produk Farmasi & Biomedis

Sekilas tentang Datalogger Temperature dari Hioki. Perlengkapan medis terdiri dari produk farmasi seperti obat-obatan dan juga biomedis seperti vaksin, darah, organ manusia, serta jaringan untuk
transplantasi. Produk ini, terutama produk biomedis, memerlukan penyimpanan dan suhu pengangkutan yang ketat karena mudah terpengaruh oleh perubahan suhu.

Gambar 1.0 Contoh dari Perlengkapan Medis

Pengiriman Perlengkapan Medis dan Pentingnya Pemantauan Suhu

Fluktuasi suhu dapat mempengaruhi perlengkapan medis, membahayakan keamanan penggunaan, dan menyebabkan kerusakan permanen pada seluruh kelompok produk yang menyebabkan kerugian finansial [1].

Misalnya organ untuk proses transplantasi organ membutuhkan suhu 4° C hingga 8° C untuk pengawetan organ. Suhu yang lebih tinggi akan menyebabkan cedera hipoksia pada organ, sementara suhu yang lebih rendah dari kisaran tersebut meningkatkan risiko cedera dingin dengan denaturasi protein [2].

Pentingnya Datalogger Temperature. Pandemi Covid-19 saat ini membuat berbagai perusahaan farmasi memproduksi versi vaksin dan berpacu dengan waktu untuk menghentikan pandemi. Gambar 2.0 di bawah ini menunjukkan berbagai persyaratan suhu penyimpanan vaksin dari produsen vaksin. Persyaratan suhu penyimpanan ini harus benar-benar dipatuhi untuk memastikan fungsionalitas dan viabilitas vaksin dilindungi.

aturan suhu vaksin covid-19
Gambar 2.0 Persyaratan suhu penyimpanan vaksin COVID-19 dari berbagai produsen

Oleh karena itu, pemantauan dan perekaman suhu dengan Datalogger Temperature selama pengiriman perlengkapan medis sangat penting karena di sinilah kemungkinan besar terjadinya fluktuasi suhu. Waktu pengiriman dapat bervariasi dari jam pendek hingga panjang tergantung pada arus logistik, tujuan geografis, dan prosedur di sepanjang proses (lihat Gambar 3.0 untuk contoh alur proses distribusi obat).

Gambar 3.0 Proses distribusi obat ke rumah sakit

Prosedur pemantauan suhu khusus dari paket medis, seperti organ untuk transplantasi, melibatkan penempatan Datalogger Temperature bersama dengan paket pengiriman untuk mencatat fluktuasi suhu selama pengangkutan (Gambar 4.0). Data dari Datalogger Temperature hanya dapat diunduh saat tiba di tujuan untuk memeriksa ketidaknormalan suhu.

Gambar 4.0 Prosedur pemantauan suhu umum untuk pengiriman perlengkapan medis

Hioki Wireless Voltage / Temp Logger LR8515
Untuk Pemantauan Suhu Pengiriman Perlengkapan Medis

Hioki Wireless Voltage/Temp Logger LR8515 dengan Hioki 9810 K-type thermocouple dan kombinasi multi-channel Hioki Wireless Logging Station LR8410 dapat digunakan untuk pemantauan suhu waktu secara terus-menerus selama pengiriman produk farmasi dan biomedis.

Gambar 5.0 menunjukkan pengaturan Hioki data logger untuk pemantauan suhu waktu selama pengiriman produk farmasi dan biomedis.

Datalogger Temperature Hioki LR8515 yang berukuran sangat compact/mini dan praktis dilengkapi dengan K-type thermocouples type Hioki 9810, dapat ditempatkan di bagian lemari es bersama dengan perlengkapan medis, dan data dikirim secara wireless melalui teknologi Bluetooth ke Hioki LR8410 yang ditempatkan di kabin pengemudi. LR8410 merupakan “wireless logging station” mempunyai fitur HTTP built in, sehingga nilai temperature yang dilogging bisa terdisplay realtime melalui web/mobile browser yang terkoneksi dengan LR8410. Apabila menginginkan monitoring berbasis web, Hioki LR8410 bisa dikoneksikan dengan router + mobile data, sehingga data temperature selama perjalanan dapat diakses dari kantor pusat secara real time.

1) Pengaturan wireless yang mudah
Hioki LR8410 hadir dengan fungsi Quick Set, pencatatan modul mana pun dalam jangkauan akan secara otomatis dideteksi dan didaftarkan.

2) Fungsi backup di data logger
Hioki LR8515 memiliki memori buffer internal yang memungkinkan data pengukuran disimpan jika ada gangguan komunikasi sementara. Data dikirim kembali ke LR8410 setelah komunikasi pulih. Ini memastikan catatan data lengkap untuk seluruh perjalanan transportasi.

3) Pengukuran rentang suhu yang luas dari suhu yang tinggi sampai suhu terukur yang sangat rendah dibawah nol derajat. Datalogger Temperature Hioki LR8515 (menggunakan K-type thermocouple untuk proses pengukuran) dapat mengukur suhu terendah -200° C. Rentang suhu yang dapat diukur adalah antara -200 ° C hingga 999,9 ° C.

4) Battery yang hemat dan tahan lama
Datalogger Temperature Hioki LR8515 memiliki fungsi hemat daya yang secara otomatis mengaktifkan sirkuit Bluetooth® selama periode yang ditentukan sebelumnya. Ini membantu menghemat daya baterai karena fungsi Bluetooth tidak beroperasi terus-menerus.

Hioki Data Logger combo untuk pemantauan suhu biomedis memastikan bahwa suhu selama proses pengiriman didokumentasikan dengan baik untuk ketenangan pikiran tentang keamanan dan keandalan produk.

Informasi produk lebih lanjut, klik disini :

Wireless Logging Station LR8410

Wireless Voltage/Temp Logger LR8515

-->