Jenis-jenis dan Aplikasi Digital LCR Meter

 

Membahas jenis-jenis digital LCR meter, tentu kita harus ketahui dulu apa itu LCR meter. Seperti yang telah dibahas dalam postingan sebelumnya, LCR merupakan sebutan untuk komponen L yaitu induktansi, C adalah Capacitance dan R yaitu resistance. Alat yang mengukur ketiga parameter ini disebut LCR meter. Prinsip pengukuran LCR meter menggunakan prinsip impedansi yang hasilnya dikonversi menjadi sebuah tampilan nilai yang dapat dibaca.

Jenis-jenis digital LCR Meter

Jenis digital LCR meter mengukur I (melalui DUT) dan V (melintasi DUT) dan sudut fase antara I dan V. yang diukur. Dari parameter yang terukut ini, parameter impedansi dihitung. LCR meter juga dapat digunakan untuk mengukur impedansi yang kemudian diubah menjadi L, C atau R untuk ditampilkan.

Ada dua jenis LCR meter yaitu benchtop dan handheld.

  1. Benchtop dikembangkan untuk aplikasi yang ditempatkan di lokasi tetap tanpa banyak pergerakan. Sedangkan handheld dikembangkan untuk aplikasi portabel dan karenanya dapat dipindahkan untuk tujuan pengujian dan pengukuran.
  2. Handheld LCR meter beratnya sangat ringan dan menggunakan tenaga baterai. Biasanya akan ada port USB untuk mentransfer data ke PC / Laptop. Ini memberikan pengukuran induktansi dan resistansi AC. Biasanya akan memiliki akurasi pengukuran antara 0,1% hingga 0,2% saja

Benchtop LCR meter memiliki banyak fitur lebih lengkap dibandingkan dengan jenis Handheld seperti pengaturan frekuensi yang dapat diprogram. Ini akan memiliki akurasi pengukuran yang sangat tinggi sekitar 0,01%. Ini memberikan kemampuan pengukuran lanjutan seperti arus dan tegangan bias DC, sweep, dll. Jenis LCR meter ini digunakan untuk kalibrasi L, C dan R. Biasanya pengukuran dilakukan pada range frekuensi seperti 100Hz, 120Hz, 1kHz dan 10kHz.

Perbedaan Digital LCR Meter dan Analog LCR Meter
Berdasarkan format tampilan jenis meteran LCR dikategorikan menjadi 2 yaitu; analog LCR meter dan digital LCR meter.

Tipe analog lebih murah dibandingkan tipe digital karena terbuat dari komponen diskrit dasar. Sedangkan tipe digital LCR meter mempunyai akurasi yang lebih tinggi dan lebih cepat dalam membaca hasil pengukuran dibandingkan dengan tipe analog. Dari sisi harga juga sangat berbeda. Karena tipe digital LCR meter dibuat dari berbagai macam komponen yang sangat kompleks dan tingkat akurasi hasil pengukurannya yang sangat tinggi sehingga harganya juga bersaing. Sedangkan analog LCR meter dibuat dengan komponen yang lebih sederhana dan akurasi yang standar, maka harganya menjadi lebih murah.

 

Contoh Aplikasi Hioki LCR Meter

Contoh Aplikasi Hioki LCR Meter

 Aplikasi Digital LCR Meter

Dalam pemilihan LCR meter pertimbangan spesifikasi sangatlah penting karena sangat erat hubungannya dengan aplikasi di lapangan. Jika aplikasinya untuk riset, analisa produk atau test produk di line produksi maka tipe digital LCR meter yang menjadi pilihan utama. Hal ini berkaitan erat dengan akurasi pengukuran yang tinggi, kecepatan proses pengukuran serta kemudahan untuk pengambilan data yang bisa dihubungkan dengan komputer ataupun dengan PLC. Kemudahan pengambilan data hasil pengukuran menjadi hal yang paling utama karena jika produk tersebut mengalami kerusakan di customer, hal ini sangat mudah untuk melacaknya dari data yang sudah tersimpan di komputer tersebut.

Sedangkan jika aplikasinya untuk maintenance yang bisa dibawa kemanapun sehingga memudahkan untuk pengecekan produk serta dalam lingkungan dengan suhu yang sangat bervariasi, maka tipe handheld LCR meter menjadi pilihan utama. Selain lebih kuat di berbagai variasi suhu lingkungan sekitar juga sangat ringan beratnya.

Keuntungan LCR meter
Berikut adalah kelebihan dari LCR meter:
• Mudah untuk di operasikan.
• Mengukur komponen pasif dengan sedikit kesalahan.
• Mudah untuk dikalibrasi.

Hioki memproduksi banyak varian/model digital LCR meter dengan lebih banyak fitur dan pilihan tersedia bagi pengguna sehingga pengguna bisa memilih sesuai aplikasi pengukuran LCR yang diinginkan.

Berikut salah satu contoh Demo Video aplikasi Hioki LCR Meter untuk pengukuran Electrolytic Capacitors  


 Beberapa Type Produk Digital LCR Meter Hioki – Made in Japan

LCR METER IM3536

LCR METER IM3523

LCR METER IM3533

LCR HiTESTER 3511-50

Selengkapnya silahkan Download HIOKI LCR Meter Series Catalog – PDF

Bagaimana memilih digital LCR meter Hioki yang cocok dengan aplikasi pengukuran anda dan fitur-fitur menarik apa yang dimiliki LCR Meter Hioki yang sangat membantu proses RnD maupun proses produksi anda. silahkan request Hioki E-Presentation. Hioki Indonesia Team dengan senang hati siap sharing knowledge produk LCR Meter kami sesuai kebutuhan di tempat Anda.

byjmr

 

Presentasi Online Hioki

 

-->