Apa itu LCR Meter?

LCR meter adalah alat ukur/instrument untuk mengukur induktansi (L),kapasitansi (C), dan resistansi (R) dari komponen produk elektronik. Dalam versi yang lebih sederhana dari instrumen ini, impedansi diukur secara internal dan diubah untuk ditampilkan ke nilai kapasitansi atau induktansi yang sesuai. Pembacaan harus cukup akurat jika kapasitor atau perangkat induktor yang diuji tidak memiliki komponen impedansi resistif yang signifikan. Alat dengan desain yang lebih canggih, akan mampu mengukur real induktansi atau kapasitansi, serta resistansi kapasitor seri yang setara dan faktor Q komponen induktif.

LCR meter biasanya memiliki uji frekuensi dari 100 Hz, 120 Hz, 1kHz, 10kHz, dan 100kHz atau range frekuensi yang sangat lebar dan bisa diatur secara otomatis. Untuk LCR Meter Hioki sendiri tersedia dengan berbagai varian range frekuensi, mulai 1mHz sampai 8MHz, bahkan apabila dibutuhkan range frekuensi yang lebih tinggi, Hioki menyediakan Impedance Analyzer yang maksimum range frekuensi pengukurannya sampai dengan 3GHz. Dalam hal resolusi layar dan pengukuran kemampuan jangkauan biasanya akan berubah sesuai dengan uji frekuensi.

Jual Hioki LCR Meter

 

Bagaimana Cara Kerja LCR Meter

Berikut penjelasan singkat cara kerja alat LCR Meter. Biasanya perangkat yang diuji disambungkan ke sumber tegangan AC. LCR tester mengukur tegangan dan nilai arus melalui DUT (device under test). Dari rasio tersebut LCR tester dapat menentukan besarnya nilai dari impedansi DUT tersebut.

Sudut fasa antara tegangan dan arus juga diukur pada model instrument yang lebih canggih, sehingga kombinasi dari impedansi, kapasitansi dan resistansi dari DUT dapat dihitung dan ditampilkan nilainya. Alat ukur LCR harus mengasumsikan model paralel atau seri untuk kedua elemen ini.

Kapasitor ideal tidak memiliki karakteristik selain kapasitansi, tetapi tidak ada kapasitor fisik yang ideal. Semua kapasitor asli memiliki sedikit induktansi, sedikit hambatan, dan beberapa cacat menyebabkan inefisiensi. Ini dapat dilihat sebagai induktansi atau resistansi secara seri dengan kapasitor ideal atau paralel dengannya.

Begitu juga dengan induktor. Bahkan resistor dapat memiliki induktansi (terutama jika mereka adalah jenis gulungan kawat) dan kapasitansi sebagai konsekuensi dari cara pembuatannya. Asumsi yang paling berguna, dan yang biasanya diadopsi, adalah bahwa pengukuran LR memiliki elemen-elemen dalam seri (seperti yang terjadi pada kumparan induktor) dan bahwa pengukuran CR memiliki elemen-elemen secara paralel. Kebocoran adalah kasus khusus pada kapasitor, karena kebocoran harus terjadi diantara pelat kapasitor yang tersusun secara seri.

Alat ukur LCR yang berbentuk handheld biasanya memiliki frekuensi uji yang dapat dipilih yaitu 100 Hz, 120 Hz, 1 kHz, 10 kHz, dan 100 kHz. Kemampuan resolusi tampilan dan rentang pengukuran biasanya akan berubah dengan frekuensi pengujian yang diterapkan karena sirkuit kurang sensitif atau kurang untuk komponen tertentu (yaitu, induktor atau kapasitor) saat frekuensi pengujian berubah.

Sedangkan untuk LCR meter berbentuk Benchtop memiliki frekuensi uji yang dapat dipilih lebih dari 100 kHz hingga sampai 3 GHz. Dengan kecepatan pengukuran yang lebih cepat bisa sampai dalam hitungan milli detik serta akurasi pengukuran yang lebih tinggi.

 

 

Jenis-jenis LCR Meter

LCR meter sendiri memiliki beberapa jenis dan tipe sesuai dengan kebutuhan aplikasi pengukuran kita. Beberapa model ada yang berfokus pada pengukuran impedansi, kapasitansi atau juga ketiganya sekaligus yaitu impedansi, kapasitansi dan resistansi.

 

Aplikasi LCR Meter di automasi industri

Pengukuran LCR di Industri bisa digunakan sendiri atau bersamaan dengan alat ukur lainnya seperti DMM (digital multimeter), Insulation tester, dll untuk mengecek DUT secara otomatis yang dikontrol melalui PC atau PLC dan hasilnya pengetesannya bisa di simpan. Hasil pengetesan juga bisa di lihat dari indikator Tower Lamp, misal jika OK maka warna lampu hijau menyala, dan sebaliknya jika hasilnya NG maka lampu warna merah menyala dengan suara buzzer yg berbeda.

Demikian sedikit informasi tentang Apa Itu LCR Meter. Produk LCR Meter Hioki sudah dikenal memiliki fitur akurasi yang tinggi di berbagai rentang frekuensi testing. Pilihan range frekuensi sangat lebar menyesuaikan kebutuhan pengukuran Anda. Silakan request Hioki E-Presentation untuk diskusi dan informasi lebih detil Produk Hioki dan Applikasinya.

byjmr

 

Presentasi Online Hioki

 

-->