Tang Ampere Bluetooth Adalah

Tang Ampere Bluetooth

Tang ampere (clamp meter) merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik pada sebuah kabel konduktor yang dialiri oleh arus listrik dengan menggunakan dua rahang penjepit (clamp), tanpa harus melakukan kontak langsung dengan terminal listriknya. Sehingga dengan adanya alat ini tidak akan mengganggu rangkaian listrik yang diukur, karena cukup dengan menempatkannya pada sekeliling kabel yang diukur. Dan umumnya untuk produk tang ampere sekarang sudah menggunakan koneksi bluetooth, sehingga kerap disebut dengan tang ampere bluetooth. Dengan tang ampere yang berkoneksi bluetooth ini makan smartphone atau table Anda bisa secara langsung mengontrol multimeter.

Untuk tang ampere yang ada di pasaran memiliki fungsi yang sama dengan multimeter. Hanya saja selain memiliki dua rahang yang digunakan untuk penjepit, juga terdapat dua probe yang berguna untuk mengukur resistansi, tegangan AC/ DC, bahkan juga untuk model tertentu juga bisa digunakan untuk mengukur frekuensi, arus listrik DC, serta kapasitas dan suhu. Untuk cara menggunakan tang ampere terbilang sangat mudah. Dimana caranya adalah dengan cukup menjepitkan rahang penjepitnya ke kabel listrik yang diinginkan.

Adapun untuk langkah-langkah mengukur arus listrik AC atau ampere listrik AC dengan menggunakan tang ampere/ clamp meter adalah sebagai berikut:

1. Putar atau lakukan pengaturan dulu saklar tang ampere ke posisi ampere meter (biasanya ada tulisan huruf A dengan gelombang sinus di atasnya).
2. Tekan Trigger agar membuka rahang penjepit tang ampere.
3. Jepitkan rahang dari tang ampere ke kabel konduktor yang dialiri oleh arus listrik AC (kabel listrik berada di tengah-tengah rahang penjepit). Kemudian lepaskan trigger tang ampere. Jika pada kabel listrik tersebut belum dialiri oleh listrik, maka hubungkan terlebih dahulu kabel tersebut atau hidupkan (ON) perangkat yang ingin diukur arus listriknya.
4. Baca nilai ampere listrik yang tertera di layar tang ampere/ clamp meter.

Produk terbaik Hioki

Jika Anda ingin mengukur tegangan dan resistansi listrik dengan menggunakan tang ampere/ clamp meter, untuk cara pengukurannya hampir sama dengan multimeter. Yaitu dengan cara mencolokkan Probe pada terminal COM yang berwarna hitam dan terminal Positif yang berwarna merah. Memang untuk mengukur ampere atau arus listrik bisa menggunakan multimeter, avometer atau wattmeter. Hanya saja cara ini kurang praktis mengkoneksikan jaringan listrik ke avometer.

Ketika menggunakan tang ampere/ clamp meter akan jauh lebih mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan untuk pengukuran arus listrik menggunakan multimeter harus memotong kabel/ rangkaian listrik terlebih dahulu. Sedangkan jika menggunakan tang ampere tidak perlu memotong kabel/ rangkaian konduktor, namun hanya perlu di jepit di sekeliling konduktor. Ada dua jenis arus listrik yang bisa diukur menggunakan tang ampere/ clamp meter, yaitu arus AC (bolak-balik/ PLN) dan arus DC (searah).

Untuk produk tang ampere ada yang bisa digunakan untuk mengukur arus AC saja, namun ada juga yang bisa digunakan untuk pengukuran dua jenis arus listrik. Untuk harga tang ampere yang diperuntukkan mengukur arus DC biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan tang ampere yang digunakan untuk mengukur arus AC. Rentang harganya cukup bervariasi, dimana ada tang ampere bluetooth yang berharga ratusan ribu rupiah hingga yang berharga jutaan rupiah. Anda bisa membeli salah satu produk tang ampere yang memang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

>> Ada pertanyaan atau inquiry ? , silahkan menuju halaman hubungi kami di sini <<

-->